hirohito

Pemimpin Perang Dunia 2 dari Jepang

Pemimpin Perang Dunia 2 dari Jepang

Perang Dunia 2 adalah konflik global. Tentu ruang lingkupnya seluruh dunia. Tidak hanya di Eropa, tapi juga terjadi di Pasifik. Di Pasifik, terjadi perang besar antara Jepang melawan aliansi Amerika Serikat dan para penguasa di Asia yang tentunya dikomandoi oleh pemimpin perang dunia 2 dari Jepang. Berikut adalah pemimpin perang dunia 2 dari Jepang

Kaisar Hirohito, Sang Kaisar Jepang

Hirohito (secara anumerta dikenal sebagai Kaisar Shōwa) adalah Kaisar dari tahun 1926 hingga kematiannya pada tahun 1989, menjadikannya pemimpin terakhir dari tiga besar (Jerman, Italia, dan Jepang) yang masih hidup. Dia dipandang sebagai pemimpin setengah tuhan. Dia menjadi Komandan Markas Besar Kekaisaran dari tahun 1937 sampai 1945 dan diberi wewenang pada tahun 1936. Dengan dekrit kekaisaran, dia memberikan izin perluasan unit penelitian bakteriologis Shiro Ishii, sementara, menurut beberapa penulis, mengambil kendali atas penggunaan senjata kimia dan bakteriologis. Jenderalnya bertanggung jawab penuh dan dia dibebaskan dari tuntutan pidana, dengan semua anggota keluarga kekaisaran, oleh Panglima Tertinggi Kekuatan Sekutu.

hirohito

Fumimaro Konoe, Sang Perdana Menteri

Fumimaro Konoe adalah perdana menteri dari tahun 1937 sampai 1939 dan 1940 sampai 1941. Konoe mengesahkan penerbitan Kokutai no Hongi pada tahun 1937) dan Shinmin no Michi pada tahun 1941. Dia bergabung dengan militer untuk merekomendasikan kepada kaisar Shōwa invasi ke Cina dan meluncurkan Gerakan Mobilisasi Spiritual Nasional dan Taisei Yokusankai untuk mempromosikan upaya perang total. Konoe menentang perang dengan kekuatan Barat. Selama pendudukan Jepang, ia menolak untuk bekerja sama dengan Panglima Tertinggi Sekutu untuk membebaskan Hirohito dan keluarga kekaisaran dari tanggung jawab kriminal. Dia juga dicurigai melakukan kejahatan perang. Dia bunuh diri pada tahun 1945.

Hideki Tojo, Pemimpin Perang Dunia 2 Pencetus Perang Melawan Amerika Serikat

Hideki Tojo adalah Pemimpin Militer Tertinggi dari tahun 1936 sampai 1944 dan perdana menteri dari tahun 1941 sampai 1944. Dia adalah pendukung kuat Pakta Tripartit antara Jepang, Jerman dan Italia. Menteri Perang di kabinet kedua Fumimaro Konoe, dia dipilih sebagai perdana menteri oleh kaisar pada Oktober 1941. Dia adalah pendukung utama perang melawan kekuatan Barat. Tojo memperkuat Taisei Yokusankai untuk menciptakan negara satu partai. Dia diturunkan pangkatnya pada Juli 1944 oleh kaisar, setelah Pertempuran Saipan dan dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan Tokyo dan dieksekusi.

hideki tojo

Sadao Araki, Menteri Angkatan Darat

Sadao Araki adalah Menteri Angkatan Darat dari tahun 1931 hingga 1933 dan Menteri Pendidikan dari tahun 1938 hingga 1939. Araki adalah salah satu pendukung utama militerisme dan ekspansionisme selama era Shōwa. Dia mengembangkan ide-ide fasis Kōdōha dan memimpin Gerakan Mobilisasi Spiritual Nasional untuk mempromosikan perang Suci melawan Tiongkok. Setelah perang Araki diadili dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup tetapi dibebaskan pada tahun 1955 dengan semua narapidana besar lainnya.sadao araki

Isoroku Yamamoto, Panglima Angkatan Laut 

isoroku yamamoto

Isoroku Yamamoto adalah Panglima Angkatan Laut Kekaisaran Jepang dari tahun 1939 hingga 1943 dan bertanggung jawab atas kemenangan angkatan laut awal Jepang, termasuk serangan terhadap Pearl Harbor. Dianggap sebagai komandan perang angkatan laut Jepang yang paling brilian, kematiannya pada tahun 1943 membuat militer kehilangan ahli taktik yang terampil dan merupakan pukulan telak bagi moral Jepang.

Mitsumasa Yonai, Menteri Angkatan Laut

mitsumasa yonai

Mitsumasa Yonai adalah perdana menteri pada tahun 1940 dan menteri Angkatan Laut dari tahun 1937 hingga 1939 dan 1944 hingga 1945. Selama mandat keduanya sebagai menteri Angkatan Laut, Angkatan Laut Kekaisaran Jepang menerapkan tokkōtai atau unit bunuh diri terhadap armada Sekutu. Dia bekerja sama dengan sekutu barat untuk memperbaiki kesaksian para perwira senior yang dituduh di pengadilan Tokyo dan dibebaskan dari tuntutan pidana.

 

Jizaburo Ozawa, Pemimpin Perang Dunia 2 Penakluk Filipina

ozawa

Jisaburō Ozawa adalah seorang laksamana di Angkatan Laut Kekaisaran Jepang, komandan pasukan Jepang dalam Pertempuran Laut Filipina pada Juni 1944. Dia adalah panglima tertinggi armada Jepang.